Kamis, 04 Oktober 2012

Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan




Mungkin manfaat-manfaat di bawah ini bisa dijadikan sebagai motivasi untuk kita agar senantiasa menjalankan wudhu :
1. Di saat kita berwudhu, secara tidak sadar kita akan menjaga dan memelihara kesehatan jasmani kita. Seperti yang dikatan oleh Prof Dr Jamieson selaku pakar kesehatan dari Jerman, mencuci badan dan mandi itu bukan hanya akan membersihkan tubuh kita dari kotoran-kotoran, namun dengan mencuci badan dan mandi membuat pencernaan terangsang dan zat-zat yang ada di tubuh kita bertukar sesuai fungsinya masing-masing.
2. Dengan berwudhu, akal dan pikiran kita akan terpelihara. Seperti yang dikatan oleh Nabi Muhammad SAW, akal merupakan alat fital dan alat terpenting yang ada di diri manusia. Tanpa akal, kita bukanlah manusia, melainkan hewan. Banyak sekali orang sekarang yang lupa akan kewajibannya sebagai manusia, oleh karena itu tingkah polah mereka hampir sama dengan hewan. Nabi Muhammad SAW pernah berkata, “Akal adalah cahaya dalam hati yang membedakan antara yang hak dan yang batil”. ”Tiap-tiaap sesuatu mempunyai alat dan alat orang yang beriman ialah akal. Tiap-tiap kaum mempunyai pengasuh (penggembala), dan pengasuh orang-orang mukmin ialah akal. Tiap kaum mempunyai penggerak kehidupan, dan penggerak kehidupan seorang hamba ialah akal”.
3. Selain manfaat di atas, manfaat yang ke tiga adalah terpeliharanya akhlak dan moral kita. Akhlak dan moral adalah hal terpenting yang harus kita miliki. Tanpa akhlak dan moral, kita hanya akan menjadi manusia yang tidak berguna dan jauh dari Allah SWT. Memiliki badan yang sehat, kuat, cantik dan keren bukanlah jaminan untuk menjadi manusia yang baik, akan tetapi menjadi manusia yang baik itu diukur juga dari akhlak dan moral kita selama hidup di bumi.
Mungkin itulah sedikit ulasan apa adanya yang saya berikan. Selain itu, di saat kita selesai wudhu, sebaiknya mebaca kalimat syahadat, seperti sabda Rasulullah SAW,”Apabila ada diantara kamu berwudlu, lantas ia menyempurnakan wudhunya, kemudian ia berkata, “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, dan Aku bersaksi bahwa Muhammad itu Rasul-Nya, maka dibukakan baginya beberapa pintu syurga yang delapan yang dimasukkan dari mana saja dikehendakinya.” (H.R Muslim).
Terkahir, hanya tiga untuk menjadi pribadi yang baik, yaitu kesehatan jasmani rohani, memelihara akal kita, dan memelihara akhlak. Memang jika kita jalankan akan terasa sulit, harus saya akui juga, menjalankan ke tiga hal tersebut tidak mudah. Namun, sebagai umat muslim, kita wajib untuk berjuang dan terus mencoba untuk menjadi pribadi yang baik. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar